Rabu, 16 September 2015

World Alzheimer Month 2015: Remember Me

Indonesia bersama dengan 84 negara lainnya serentak memperingati World Alzheimer Month (WAM) 2015 dengan tema “Remember Me”. Yogyakarta yang pada tahun lalu mengadakan jalan sehat “Memory Walk” di kawasan Jl. Margoyasan (Mangkubumi), kali ini mengadakan peringatan Bulan Alzheimer Sedunia secara kolaboratif dengan Cita Sehat Foundation dan Ikatan Duta Museum DIY.

Peringatan Bulan Alzheimer Sedunia Yogyakarta dilaksanakan hari Sabtu, 12 September 2015, pukul 7.00 hingga 11.00 WIB di Museum Sejarah Purbakala Pleret. Jika tahun lalu peserta perayaan tahunan ini adalah lansia, maka tahun ini, kami juga melibatkan anak muda dari berbagai komunitas untuk ikut terlibat aktif dalam acara ini.
Museum Sejarah Purbakala Pleret dipilih menjadi lokasi, sebab museum ini dapat mewakili Kecamatan Pleret yang memiliki situs peninggalan bersejarah berusia ratusan tahun yaitu Kraton Pleret, yang seolah dilupakan oleh masyarakat. Hal ini seiring dengan tema WAM 2015, yaitu “Remember Me”, yang ingin menekankan agar kita tidak melupakan keluarga atau kerabat yang hidup dengan Dementia Alzheimer ataupun mereka yang mungkin telah meninggal dunia karena Alzheimer.

Menurut Koordinator Alzi Jogja, Felix Krisnugraha, keterlibatan anak muda dalam kegiatan ini sangat penting, sebab walaupun Alzheimer lebih banyak diderita oleh lansia, namun dengan memahami dan mengenali penyakit ini, maka mereka dapat melakukan pencegahan sejak dini dan mengerti apa yang harus dilakukan apabila mendapati orangtua atau kerabatnya ternyata mengalami gejala Alzheimer. Dengan melibatkan anak muda, maka persebaran isu tentang Alzheimer pun juga lebih efektif, mengingat mereka yang terlibat dalam acara ini adalah anak muda yang terlibat aktif berkegiatan di komunitas masing-masing dan merupakan pengguna aktif media sosial.
Peringatan WAM 2015 Yogyakarta melibatkan 30 lansia Dusun Karet yang merupakan dusun binaan dari Cita Sehat Foundation, 30 anak muda dari berbagai komunitas di Yogyakarta, yang akan saling dipasangkan. Para anak muda ini menjadi pendamping selama acara berlangsung dan secara aktif berinteraksi dengan para lansia.
Selain kegiatan interaksi antar lansia dan anak muda, diadakan juga pemeriksaan kesehatan gratis dan deteksi dini Alzheimer bagi lansia, serta edukasi tentang Alzheimer bagi anak muda.
Acara ini bekerjasama dengan Klinik Memori RSUP dr. Sardjito, Laboratorium Klinik Prodia, Dowa, Bakpiapia, Dinas Kebudayaan DIY, serta didukung para relawan Alzi Jogja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar