Sabtu, 08 Agustus 2015

Tentang Project Dengan Persiapan Kurang Dari Satu Minggu

#NEWSEUM
Berkunjung, Belajar, Berbagi


Apakah yang dimaksud dengan “NEWSEUM”?

#NEWSEUM: Peserta kegiatan diharapkan bisa mendapatkan pengetahuan, pengalaman, dan pertemanan baru.
Peserta kegiatan merupakan “new generation” atau generasi muda yang harus kembali diajak untuk bisa menikmati museum.
#NEWSEUM: Setelah mengikuti kegiatan, peserta diharapkan bisa membantu memberitakan tentang pengalaman mereka selama berada di museum—secara tidak langsung juga akan mempromosikan museum itu sendiri.
#NEWSEUM: Tagar di depan kata menandakan bahwa acara ini juga mengandalkan media sosial untuk membantu amplifikasi program Wajib ke Museum.

Museum Sonobudoyo dipilih karena melalui museum ini, generasi muda dapat kembali mengenal tentang sejarah dan kebudayaan Jawa, sehingga dapat merasakan keterikatan dan menjadi bagian dari mereka. Hal ini erat kaitannya juga dengan tema “Museum for Sustainable Society”, sebab kegiatan ini diharapkan dapat mempersempit jarak antara museum dan generasi muda yang saat ini lebih banyak terpapar teknologi dan budaya dari luar Indonesia

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang makin pesat, museum dituntut untuk dapat beradaptasi dengan cepat agar tidak ditinggalkan oleh generasi “kekinian” yang saat ini tidak bisa lepas dari gaya hidup modern. NEWSEUM diharapkan bisa menjembatani museum dengan generasi baru yang haus akan informasi dan eksistensi.

Peserta kegiatan adalah anak-anak muda dan komunitas berbasis sosial media Instagram. Melalu Instagram, amplifikasi  kegiatan ini akan dirasakan lebih luas, sebab bukan hanya peserta yang dapat menikmati kegiatan, namun follower Instagram dari masing-masing peserta juga akan bisa mengetahui tentang kegiatan ini. hal ini secara tidak langsung juga menjadi media promosi museum yang efektif dan relatif murah.


NEWSEUM akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 Agustus 2015, pada pukul 9.00 - 12.00 WIB di Museum Sonobudoyo. Peserta akan berkumpul di halaman museum pada pukul 9.00 dan mulai tur keliling museum bersama pemandu. Selama berkeliling museum, peserta diharuskan berfoto dan mengunggah ke akun Instagram masing-masing dengan tagar yang telah ditentukan (#NEWSEUM2015 dan tagar resmi dari Duta Museum DIY).


Sebenarnya tulisan di atas adalah bahan press release yang saya kirimkan ke media. Hehehe..
Ketahuan sekali kalau (masih) malas nulis blog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar