Minggu, 22 Februari 2015

Menuju Maret Menulis

“It’s been a long time.” atau “Terakhir kali menulis...” atau kalimat apapun yang artinya sejenis.

Kalimat standar buat penulis blog yang sudah lama sekali tidak mengklik icon “New post” dengan alasan sibuk kerja atau kuliah. Padahal kalau dipikir-pikir, setiap orang selalu punya akhir pekan dan tanggal merah untuk duduk selama paling tidak setengah jam di depan laptop utuk menuliskan apapun yang terlintas di pikirannya saat itu. Susah? Jawabannya tidak, tapi bagaimanapun juga, selalu alasan untuk tidak melakukan sesuatu, bukan?

Saya sendiri sudah lupa kapan terakhir kali menulis, tapi menurut tanggal yang tertera di blog ini, posting terakhir saya adalah pada hari 25 Mei 2011. Sungguh hal yang memalukan untuk seseorang yang salah satu mimpinya adalah hidup dari royalti penjualan buku-buku hasil tulisannya.

Blog yang memang dikhususkan untuk “tulisan bebas” ini memang lama tak tersentuh, apalagi setelah saya terlibat dalam Komunitas Fiksimini dan memutuskan untuk membuka satu lapak lagi yang saya khususkan untuk tulisan fiksi. Entah kenapa rasanya saya lebih bisa berpetualang dan meliar lewat cerpen dan puisi ketimbang lewat tulisan-tulisan “nyata” seperti yang ada di blog ini. Walaupun tulisan terakhir saya di lapak satyaadrikrisnugraha.wordpress.com bertanggal 4 Agustus 2014, alias enam bulan yang lalu, tapi paling tidak masih lebih bisa dibanggakan dibandingkan dengan blog yang posting terakhirnya adalah empat tahun yang lalu.

..tapi tenang! Itu semua akan segera berubah, karena di bulan Maret nanti akan ada #MaretMenulis! Iya, satu hari satu tulisan, selama bulan Maret. Peraturannya cuma satu: menulis.
Karena memang tujuannya untuk mengasah kembali kemampuan menulis, jadi tak ada peraturan atau tema khusus. Pokoknya menulis sehari sekali, boleh fiksi, non-fiksi, photoessay, atau apapun, selama bulan Maret. Setelah tulisan sudah jadi, link blog blog bisa dibagikan di Twitter dan diberi hashtag #MaretMenulis. Standard lah, seperti ajang tulis-menulis bulanan yang lain.

Siapapun yang ingin menantang konsistensi diri dalam menulis, boleh ikut bergabung! Sampai bertemu di tanggal 1 Maret!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar