Rabu, 30 Maret 2011

Satu Jam di Tugu Jogja

Tahun 2011 adalah tahun kedua kota Yogyakarta ikut bergabung dalam Earth Hour. Dengan tim yang bisa dibilang sangat mini, ternyata tidak selalu menghasilkan sesuatu yang mini juga.



Perempatan Tugu Jogja menjadi saksi betapa tidak sedikit warga Jogja yang masih peduli pada lingkungan dan ingin menjadi bagian dalam Earth Hour.
Walau tahun ini perempatan Tugu kembali menjadi pusat Earth Hour Jogja, namun ada juga dua ikon kota yang juga dipadamkan malam itu-Air Mancur Adipura di Jalan Abu Bakar Ali dan Candi Prambanan.

Kawasan Tugu mulai ramai pada pukul 20.00 WIB. Bukan hanya anak muda dari SMA dan Universitas di kota Jogja yang hadir, namun juga komunitas-komunitas yang cukup beragam-beberapa komunitas sepeda, Komunitas Parkour, Fiksimini Jogja (komunitas menulis), Cah Andhong (komunitas blogger Jogja), United Indonesia (komunitas penggemar Manchaster United), Kine Club (komunitas film-maker Universitas Atmajaya Yogyakarta), dan masih banyak lagi.


Acara dibuka oleh MC yang disusul dengan sambutan dari wakil panitia Earth Hour Jogja, Mas Towil, dan dilanjutkan dengan penampilan akustik dari SMA Bopkri 1. Pemadaman Tugu Jogja ditandai dengan hitungan mundur dari angka sepuluh. Saat terdengar teriakan “satu!” serempak, balon-balon berwarna biru-putih-hijau pun dilepaskan ke angkasa oleh para finalis Dimas-Diajeng Jogja, dan kawasan Tugu menjadi gelap. Lilin mulai dinyalakan, termasuk lilin-lilin yang sudah disusun membentuk logo 60+.






Massa yang hadir berkumpul di dua titik, di sisi selatan perempatan Tugu di yang menjadi tempat beraksinya para pengisi acara, dan di sekeliling Tugu sendiri.
Pengisi selanjutnya adalah penampilan akustik dari SMA Stella Duce 2, SMA Bopkri 1, Kingdom Basketball Freestyle, Tari Saman dari SMAN 3, dan ditutup dengan penampilan akustik dari SMA Kolese de Britto.



Kawasan Perempatan Tugu malam itu cukup padat hingga kendaraan bermotor pun harus bersabar saat melintas. Salut untuk para polisi yang ikut membantu mengatur lalu lintas malam itu.

Turut bergabung dalam Earth Hour tahun ini adalah Hotel Sheraton, Ibis, Santika, dan Novotel yang ikut memadamkan lampu.




Foto-foto lain bisa dilihat di Facebook Group Earth Hour Indonesia Jogja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar