#NEWSEUM
Berkunjung, Belajar, Berbagi
Apakah yang dimaksud dengan
“NEWSEUM”?
#NEWSEUM: Peserta kegiatan
diharapkan bisa mendapatkan pengetahuan, pengalaman, dan pertemanan baru.
Peserta kegiatan merupakan “new generation” atau generasi
muda yang harus kembali diajak untuk bisa menikmati museum.
#NEWSEUM: Setelah
mengikuti kegiatan, peserta diharapkan bisa membantu memberitakan tentang
pengalaman mereka selama berada di museum—secara tidak langsung juga akan
mempromosikan museum itu sendiri.
#NEWSEUM: Tagar di depan kata
menandakan bahwa acara ini juga mengandalkan media sosial untuk membantu
amplifikasi program Wajib ke Museum.
Museum Sonobudoyo dipilih karena melalui museum ini,
generasi muda dapat kembali mengenal tentang sejarah dan kebudayaan Jawa,
sehingga dapat merasakan keterikatan dan menjadi bagian dari mereka. Hal ini
erat kaitannya juga dengan tema “Museum for Sustainable Society”, sebab
kegiatan ini diharapkan dapat mempersempit jarak antara museum dan generasi
muda yang saat ini lebih banyak terpapar teknologi dan budaya dari luar
Indonesia
Seiring
dengan perkembangan zaman dan teknologi yang makin pesat, museum dituntut untuk
dapat beradaptasi dengan cepat agar tidak ditinggalkan oleh generasi “kekinian”
yang saat ini tidak bisa lepas dari gaya hidup modern. NEWSEUM diharapkan bisa
menjembatani museum dengan generasi baru yang haus akan informasi dan
eksistensi.
Peserta
kegiatan adalah anak-anak muda dan komunitas berbasis sosial media Instagram. Melalu
Instagram, amplifikasi kegiatan ini akan
dirasakan lebih luas, sebab bukan hanya peserta yang dapat menikmati kegiatan,
namun follower Instagram dari masing-masing peserta juga akan bisa mengetahui
tentang kegiatan ini. hal ini secara tidak langsung juga menjadi media promosi
museum yang efektif dan relatif murah.
NEWSEUM akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 Agustus 2015,
pada pukul 9.00 - 12.00 WIB di Museum Sonobudoyo. Peserta akan berkumpul di
halaman museum pada pukul 9.00 dan mulai tur keliling museum bersama pemandu.
Selama berkeliling museum, peserta diharuskan berfoto dan mengunggah ke akun
Instagram masing-masing dengan tagar yang telah ditentukan (#NEWSEUM2015 dan
tagar resmi dari Duta Museum DIY).
Sebenarnya tulisan di atas adalah bahan press release yang saya kirimkan ke media. Hehehe..
Ketahuan sekali kalau (masih) malas nulis blog.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar